Cara Melihat GPU di Android

Tentunya sobat KutuPonsel bertanya-tanya apa sih GPU itu? Nah kali ini KutuPonsel share tentang cara melihat GPU di smartphone android sobat KutuPonsel.

Pertama kita harus tau dulu apa siih GPU dan fungsinya. GPU (graphic processing unit) adalah sebutan yang dipelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 ketika mereka meluncurkan GPU pertama di dunia, “GeForce 256”. Pada intinya GPU adalah sebuah CPU tambahan (atau sering disebut co-processor) yang bertugas untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, salah satunya adalah pengolahan grafis.

Seperti yang sudah di jelaskan tentu fungsinya begitu mirip dengan processor mengapa tidak menggunakan CPU saja untuk pengolahan gambar? Jawabannya, karena CPU dan GPU dirancang dengan berbeda. CPU biasanya hanya memiliki beberapa core (untuk sekarang jumlah core processor berkisar 2-8) sedangkan GPU bisa memiliki sampai dengan ribuan core.

Pada smartphone android terdapat 4 jenis GPU yaitu tegra, adreno, powervr dan mali. Lalu bagaimana cara sobat KutuPonsel mengetahui GPU? Jawabannya dengan menggunakan aplikasi CPU-Z. Agar Sobat KutuPonsel tidak penasaran langsung ke TKP cekidot . . .

Bahan-bahan :
Download CPU-Z dari playstore

Langkah-langkah :
  1. Sesudah sobat KutuPonsel download lalu instal
  2. Kemudian sobat KutuPonsel buka aplikasinya lalu lihat di bagian SOC cari GPU Renderer.

  3. Selamat sekarang sobat KutuPonsel telah mengetahui GPU yang ada di smartphone android.
Semoga artikel cara melihat GPU di android ini dapat bermanfaat bagi sobat KutuPonsel. Terima kasih telah berkunjung.



Komentar